SEO Tips updates daily

Post Top Ad

Post Top Ad

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday 13 February 2015

11 Cara Yang Jarang Diketahui Untuk Membangun Backlink Berkualitas

11 Cara Yang Jarang Diketahui Untuk Membangun Backlink Berkualitas | VIAPEDO - Baiklah, kamu pasti sangat mengenali apa itu backlink :D 

Jika belum mengenalnya. Maka berikut adalah deskripsi singkatnya. Ketika kita berbicara mengenai PageRank maka secara tidak langsung kita juga ngomongin mengenai jumlah backlink yang ada pada blog kita. Backlink adalah link yang datang dari satu halaman web ke website kita. Backlink ini sangat menentukan page ranking blog kita.

11 Cara Yang Jarang Diketahui Untuk Membangun Backlink Berkualitas

Saat pertama kali ngeblog dulu, saya tidak suka yang namanya mengomentari blog, jadi seorang guest poster atau apapun. Tapi ketika saya menyadari bahwa hal itu memberikan manfaat maka saya mulai menyukainya. Hal yang perlu kamu ketahui juga bahwa mendapatkan backlink yang berkualitas dalam satu atau dua hari adalah hal yang mustahil. Kamu harus bekerja keras untuk hal tersebut. Berikut dibawah ini beberapa cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Berpartisipasi di Forum
Berpartisipasi aktif didalam sebuah forum akan memberikan dampak yang besar bagi SERPs blogmu dan akan membantu untuk meningkatkan backlink yang berkualitas. Hal tersebut memiliki keuntungan yang besar apabila hal tersebut (berpartisipasi dalam forum) tetap kamu lakukan. Tetapi ingat, lebih baik kamu menggunakan teknik berinteraksi dengan para bloggers yang memiliki niche yang sama dengan blogmu. Aktif dalam sebuah forum merupakan keharusan bagi sebuah blog untuk berkembang dan membangun Backlink yang berkualitas. 


Membuat Posting Tutorial Panjang
Membuat posting dengan lebih dari 1200 kata mampu membangun kemungkinan kamu akan mendapatkan backlink yang berkualitas. Didalam konten tutorial yang kamu buat tersebut kamu bisa menambahkan gambar-gambar, flowcharts, infographics dan lain sebagainya. Buatlah para pembacamu terkesan dan ingin menambahkan link blogmu sebagai daftar kunjungan blog mereka. 


Posting Spesial Pada Hari Spesial Tertentu
Nah, sekarang kan tanggal 13 Februari 2015 dan besok adalah hari Valentine. Kamu bisa menawarkan beberapa diskon pada blogmu. Jika tidak bisa diskon pada blog kamu juga bisa memberikan diskon pada jasamu. Contohnya kamu mungkin bersedia mendesign blog mereka dengan bayaran miring. Membuat posting seperti ini akan membantu kamu mendapatkan backlink juga loh. Mudah dibuat tanpa perlu usaha yang menguras tenaga. Kamu juga harus tahu topik apa yang sedang hangat diperbincangkan pada hari tersebut. 

Setelah misalnya mereka memakai jasamu untuk mendesign blog mereka. Maka minta mereka untuk menambahkan link kamu pada blog mereka. Simple kan? Why not? (y)

Membuat Ebook 
Saat kamu membuat sebuah Ebook kamu bisa menambahkan beberapa link blogmu dalam konten Ebook tersebut. Mintalah temanmu untuk mengsharenya melalui media sosial. Juga jangan lupa untuk submit link blog tersebut ke sosial bookmarking terbaik seperti stumpleupon, digg, delicious dan reddit. ;)

Membuat Headline Yang Menarik 
Ini adalah esensi dari menulis. Kamu harus bisa memberikan headline yang menarik perhatian pembaca untuk membaca kontenmu. Contohnya seperti ini "12 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar AdSense"

Menawarkan Produk Gratis 
Produk gratis akan mempengaruhi traffik dan backlink blogmu. Apapun produknya mungkin bisa e-book atau layanan installasi blog gratis. Ini agak sedikit sulit tapi jika kamu berkeinginan untuk itu maka akan mudah bagi kamu untuk melakukannya.

Guest Blogging
Ini adalah cara yang simple untuk membangun backlink blog dan traffik. Lakukan penelitian yang sesuai dengan niche blogmu. Buatlah artikel yang bagus. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun Backlink Berkulitas.

Berikut beberapa tips agar kamu sukses jadi seorang guest blogging.
  • Lakukan beberapa penelitian sebelum memposting di website lain. Mulailah untuk berinteraksi dengan pemilik blog dan berkomentar pada postingannya. Lihatlah apakah blog tersebut mempunyai reputasi yang baik atau tidak. Tinjau apakah blog atau web tersebut memberikan respon yang tinggi atau tidak. 
  • Pastikan bahwa kamu memiliki Gravatar pada ID emailmu
  • Lihat isi konten blognya, kamu harus memposting sesuatu yang unik yang belum pernah di post oleh penulis blog tersebut
  •  Lihat beberapa guest post pada blognya. Lihat apakah mereka sebelum kamu mendapatkan respon yang tinggi atau tidak. Kamu juga harus perhatikan target audience mereka apakah untuk para newbie atau para professional. 
  • Buatlah konten yang relevan dan memiliki kesan tertentu karena itu akan meningkatkan reputasi blog mereka dan juga backlink ke blog kamu
  • Jadikan guest blogging sebagai suatu kebiasaan. Saat mereka menerima postingan blogmu bukan berarti kamu langsung mendapatkan popularitas blog yang besar. Kamu perlu waktu untuk itu. Kamu harus bersabar dan tetaplah mempost pada blog yang memiliki reputasi yang tinggi. (y)

Komentar Blog 
Yuhuu. Ini adalah cara yang paling-paling mudah untuk membangun sebuah backlink. Kamu hanya perlu meninggalkan komen yang relevan pada blog orang lain untuk membangun backlink. Berikut beberapa tips yang perlu kamu lakukan 
  • Nah point pertama ini yang paling sering dilakukan oleh para bloggers. Jika kamu terbiasa mengomentari blog dengan komentar "Nice post gan" dan "PertamaX Gan" itu tidak akan memiliki nilai apa-apa. Saya sendiri jika ada yang berkomentar banyak seperti itu pada blog saya maka saya hanya akan mempublish satu atau dua komentar yang sejenis saja.
  • Berkomentar dengan baik untuk mendapatkan backlink yang baik pula (y)
  • Pastikan kamu membalas semua komen yang ada pada blogmu. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dengan para pembaca blogmu dan mereka akan mengunjungi blogmu lagi.
  • Pastikan kamu memiliki GRAVATAR
  • Jangan melakukan komentar dengan ID yang berbeda-beda (n) 

Buat Postingan Dengan Konten Relevan dan Berkualitas
Pastinya inti dari sebuah blog adalah konten. Pastikan bahwa blog kamu memiliki konten yang menyediakan informasi yang berkualitas kepada para pembaca sehingga mereka menyukai dan ingin mengshare hal tersebut. Tetap bersabar dan bangunlah jaringan blogmu.

Catatan: Membangun backlink yang berkualitas bukanlah pekerjaan yang selesai dalam satu hari. Perlu waktu untuk hal itu. Bersabarlah dan tetaplah lakukan hal-hal diatas dan saya yakin blogmu dan kamu pasti akan berhasil.

Nah, setelah membaca beberapa cara diatas, cara mana yang sering kamu lakukan? Share ya ;)